Sudah Perhatikan 4 Etika ini Belum Dalam Di Kantor?

by Jessica Lailasari
Spread the love

Ketika kamu bekerja pada sebuah kantor ada beberapa etika yang terkadang kamu tidak ketahui tapi sudah menjadi etika umum tidak tertulis yang wajib diketahui. Dengan beretika di kantor kamu jadi mengerti caranya bersikapp dengan baik dan menjalin hubungan baik dengan kerabat kerja kamu. Dengan mengetahui etika kantor, kamu dapat merasa nyaman dalam bekerja disana.

1. Pakaian

Setiap lingkungan kerja memiliki aturan berpakaian yang berbeda-beda, ada beberapa kantor yang mengharuskan memakai pakaian formal, ada pula yang casual. Formal maupun casual sama saja, hanya saja kamu harus memperhatikan aturan berpakaiannya, usahakan tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka, jika memang konsep pakaian casual, pastikan agar tidak memakai pakaian yang terlalu casual seperti celana pendek santai atau semacamnya.

2. Parfum

Memakai pewangi sangat disarankan, tetapi memakai pewangi secara berlebihan itu jangan. Kamu dan teman kerja kamu kemungkinan besar akan bekerja secara berdekatan, memakai pewangi secara berlebihan hanya akan menimbulkan kemungkinan mengganggu teman kerjamu dengan aroma parfum yang menyengat secara berlebihan.

3. Sakit

Jangan memaksakan dirimu untuk bekerja ketika sedang sakit, kamu adalah pekerja dan bagaimanapun juga kamu memiliki hak untuk beristirahat ketika sedang sakit. Bahkan jika kamu tidak memiliki penyakit yang menular sekalipun kamu tetap harus memastikan dirimu untuk tetap beristrihat di rumah. Segala penyakit kecil seperti batuk atau bersin yang kamu alami saat di kantor dapat mengganggu teman kantormu di sekitar.

4. Email

Bersikap sopan dan santun dalam berbahasa di dalam perbincangan maupun didalam email. Pastikan kamu membuat email dengan jelas, tepat, dan juga memiliki tatanan bahasa yang sopan. Sebisa mungkin hindari perbicangan pribadi secara email. Perhatikan juga dengan siapa kamu saling membalas email, jika kamu harus berhadapan dengan atasan kamu, hindari candaan yang tidak perlu di setiap email.

Tata krama ataupun etika di dalam kantor merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan itu sangat di butuhkan di lingkungan kerja maupun virtual office jakara manapun, dan itu berlaku untuk karyawan, atasan, office boy, bahkan untuk kontraktor bangunan sekalipun. Tata krama ataupun perilaku kantor yang baik sangat mencerminkan kantor yang baik pula, maka adalah tugas kita untuk mempertahankannya atau memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
*
*